POSTUR YANG BURUK DAN SKOLIOSIS

Skoliosis merupakan salah satu kondisi tulang belakang yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Penyebab pastinya belum sepenuhnya dipahami, namun beberapa studi ilmiah menyebutkan adanya peran Faktor Genetik dan Lingkungan/Kebiasaan berperan dalam perkembangan skoliosis pada seseorang. Selain selain Faktor Risiko tersebut, ternyata kebiasaan buruk dalam berpostur sangat mempengaruhi perkembangan kelengkungan abnormal pada pasien yang memiliki Skoliosis. Dalam artikel ini, kita akan menguraikan bagaimana postur yang buruk atau ketidakseimbangan otot dapat mempengaruhi perkembangan skoliosis, serta memberikan tips untuk menjaga postur yang baik sebagai langkah pencegahan skoliosis.

Pengaruh Postur Buruk terhadap Skoliosis

Postur tubuh yang buruk dapat memberikan tekanan yang tidak merata pada tulang belakang, terutama pada anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Hal ini dapat menyebabkan tulang belakang mengalami perubahan bentuk yang abnormal, yang pada akhirnya dapat mengarah pada skoliosis. Ketidakseimbangan otot di sekitar tulang belakang juga dapat menyebabkan tekanan yang tidak seimbang, sehingga akan memperburuk kondisi skoliosis.

baca lagi: Memahami Proses Dalam Mediagnosis Skoliosis

Ketika seseorang memiliki postur yang buruk, misalnya membungkuk atau membungkukkan bahu ke depan, tulang belakang harus menahan beban yang tidak seimbang. Hal ini dapat menyebabkan tulang belakang menekuk atau melengkung ke samping secara berlebihan, yang merupakan salah satu ciri khas dari skoliosis. Selain itu, ketidakseimbangan otot di sekitar tulang belakang dapat menyebabkan tekanan yang tidak merata pada tulang belakang, memperburuk kelengkungan yang sudah ada atau memicu perkembangan kelainan tulang belakang yang baru.

Tips untuk Menjaga Postur yang Baik

Menjaga postur yang baik sangat penting untuk mencegah perkembangan skoliosis dan menjaga kesehatan tulang belakang secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menjaga postur yang baik:

1. Berdiri dan Duduk dengan Baik

Ketika berdiri atau duduk, pastikan tulang belakang Anda dalam posisi lurus dan tegak. Hindari membungkuk atau membungkukkan bahu ke depan.

2. Gunakan Bantal/Sandaran yang Mendukung Tulang Belakang

Ketika duduk, gunakan bantalan yang mendukung punggung bagian bawah dan bahu Anda. Hal ini akan membantu menjaga posisi tulang belakang yang baik.

3. Berolahraga secara Teratur

Berolahraga secara teratur dapat membantu memperkuat otot-otot di sekitar tulang belakang dan menjaga fleksibilitasnya. Pilihlah olahraga yang mendukung postur yang baik, seperti berenang, yoga, atau pilates.

4. Istirahat dengan Baik

Pastikan Anda tidur dengan posisi yang nyaman dan mendukung tulang belakang. Gunakan kasur dan bantal yang sesuai untuk mendukung posisi tidur yang baik.

5. Perhatikan Ergonomi

Di tempat kerja atau di rumah, pastikan meja, kursi, dan peralatan lainnya disesuaikan dengan ergonomi untuk mendukung postur yang baik.

6. Perhatikan Beban yang Anda Angkat

Hindari mengangkat beban yang terlalu berat atau mengangkat dengan posisi yang salah, karena hal ini dapat memberikan tekanan tambahan pada tulang belakang.

Dengan menjaga postur yang baik dan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat membantu mencegah perkembangan skoliosis dan menjaga kesehatan tulang belakang Anda. Namun, penting untuk diingat bahwa jika Anda memiliki kekhawatiran tentang skoliosis atau mengalami gejala seperti nyeri punggung yang persisten, segera berkonsultasi dengan profesional untuk evaluasi lebih lanjut.

Anda dapat berkonsultasi dengan tim Dokter dari Synergy CST dan Intibios Klinik, yang saat ini telah tersedia di seluruh Cabang Intibios Lab & Klinik di Indonesia. Hubungi kami untuk informasi Layanan SCOLIOSIS CARE GRATIS di Kota anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *