TERAPI SKOLIOSIS KONSERVATIF SEJAK DINI (ANAK/REMAJA) DAPAT MENINGKATKAN PELUANG KESEMBUHAN SKOLIOSIS

Skoliosis adalah kondisi abnormal, di mana tulang belakang melengkung ke arah samping, menyebabkan punggung tampak bengkok. Kondisi ini dapat mempengaruhi anak-anak dan remaja di Indonesia, serta dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jika tidak diobati dengan benar. Terapi skoliosis konservatif, yang meliputi latihan spesifik (Synergy Specific Exercise), perbaikan postur, dan pemakaian Synergy Brace, dapat membantu memperbaiki kelengkungan tulang belakang dan mencegah masalah kesehatan yang lebih serius.

Seiring dengan bertambahnya usia, skoliosis berpotensi memburuk dan menjadi lebih sulit ditangani. Oleh karena itu, penting untuk mendiagnosis dan memulai terapi skoliosis konservatif sejak dini. Terapi skoliosis konservatif adalah pilihan perawatan yang paling umum untuk anak-anak dan remaja dengan kelengkungan tulang belakang yang masih dalam derajat ringan hingga sedang. Tujuan terapi konservatif adalah untuk memperbaiki postur, mencegah perburukan/progresifitas, dan diharapkan dapat mengurangi kelengkungan tulang belakang, dan mencegah masalah kesehatan yang lebih serius di kemudian hari.

Latihan Spesifik Skoliosis (Specific Scoliosis Exercise) adalah bagian penting dari terapi skoliosis konservatif. Latihan dapat membantu memperkuat otot-otot sekitar tulang belakang dan memperbaiki postur. Latihan Spesifik akan membantu mengurangi bahkan menghilangkan rasa nyeri atau discomfort yang ditimbulkan oleh kelengkungan Skoliosis. Jenis latihan yang direkomendasikan akan bervariasi tergantung pada derajat kelengkungan tulang belakang, kemampuan kompensasi tubuh skolioser dan faktor-faktor individual lainnya.

Selain latihan, pemakaian Scoliosis Brace juga dapat membantu menjaga stabilitas dan mencegah progresifitas kelengkungan tulang belakang. Scoliosis Brace by SYNERGY CST adalah alat yang dikenakan pada tubuh untuk memberikan dukungan (support) dan mengkoreksi kelengkungan tulang belakang yang abnormal. Brace harus dipakai sesuai anjuran, dan kadang perlu digunakan sepanjang hari agar memberikan hasil yang maksimal. Brace harus disesuaikan dengan bentuk tubuh dan kelengkungan yang unik bagi tiap skolioser. Brace yang tepat dapat membantu mencegah progresifitas kelengkungan tulang belakang dan mengurangi risiko komplikasi kesehatan. Apabila dikenakan pada kondisi dan usia yang tepat, Brace seringkali akan memberikan koreksi atau pengurangan kelengkungan skoliosis yang signifikan.

Perbaikan postur/gaya hidup juga dapat membantu mencegah pertambahan kelengkungan tulang belakang. Anak-anak dan remaja yang memiliki skoliosis harus belajar untuk duduk dan berdiri dengan postur yang benar dan ideal. Berbicara dengan dokter atau praktisi skoliosis berpengalaman di SYNERGY CST Bandung dapat membantu anak dan remaja dengan skoliosis untuk memperbaiki postur mereka.

Di Indonesia, banyak anak-anak dan remaja dengan skoliosis yang tidak menyadari kondisi mereka, karena tidak merasakan gejala apa pun. Oleh karena itu, orang tua harus lebih peka dan memeriksa kesehatan tulang belakang anak mereka secara berkala. Jika ada kecurigaan adanya kelengkungan pada tulang belakang, segera berkonsultasi dengan dokter dan praktisi Skoliosis berpengalaman di SYNERGY CST Bandung sesegera mungkin.

Terapi skoliosis konservatif telah terbukti efektif dalam mencegah progresifitas kelengkungan tulang belakang dan mencegah masalah kesehatan yang lebih serius. Anak-anak dan remaja dengan skoliosis harus diberi terapi skoliosis konservatif sejak dini, agar dapat memperbaiki kelengkungan tulang belakang dan mencegah masalah kesehatan di masa depan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *