TERAPI SKOLIOSIS YANG TEPAT UNTUK USIA REMAJA

Image by 8photo on Freepik

Skoliosis adalah kondisi dimana tulang belakang membentuk lengkungan yang menyamping. Lengkungan abnormal ini dapat timbul di berbagai usia, yaitu sejak lahir (infantile) 0-3 tahun, juvenile 3-10 tahun, usia remaja (adolescence) 10-18 tahun, dewasa (adults) 18-65 tahun dan manula (seniors) di atas 65 tahun. Metoda dan fokus penanganan yang digunakan juga berbeda untuk setiap rentang usia, meskipun tujuannya sama, yaitu mencegah bertambahnya kelengkungan dan membantu Skolioser mampu menjalankan aktifitas dan hidup mereka dengan nyaman sampai hari tua.

Skoliosis di usia remaja (adolescence) adalah kasus yang paling banyak ditemui, karena usia remaja adalah rentang waktu dimana masa pertumbuhan mengalami percepatan yang signifikan. Bila tidak ditangani dengan tepat, kelengkungan yang muncul di usia ini akan bertambah besar derajatnya dengan cepat.

Opsi Terapi Skoliosis

Terapi Skoliosis dapat bersifat observasi, intervensi medis berupa operasi tulang belakang (fusion), dan non-operasi (conservative), yaitu Specific Scoliosis Exercise dan Specific Scoliosis Brace. SOSORT sebagai lembaga internasional non profit yang berfokus pada penanganan skoliosis non operasi, memberikan standar acuan tentang waktu dan kriteria kondisi lengkungan yang sesuai untuk menerapkan program Terapi Skoliosis Non Operasi, yaitu exercise dan/atau brace.

Exercise bersifat mengkoreksi dari dalam, di mana Skolioser dilatih menggunakan otot dan postural awareness untuk membalikkan lengkungan skoliosis ke arah yang benar secara mandiri. Sedangkan Brace bersifat mengkoreksi dari luar, dimana brace menyangga dan membentuk tulang belakang Skolioser ke bentuk ideal dengan tekanan di area spesifik dengan durasi pemakaian tertentu sesuai anjuran.

Selain sebagai opsi penanganan konservatif, Brace juga dapat digunakan sebagai alat penyangga sementara bagi Skolioser yang sedang menunggu usia terbaik untuk dilakukan tindakan operasi (saat proses kematangan tulang sudah dicapai, sekitar usia 20 tahun).

Dapatkan informasi mengenai opsi penanganan skoliosis yang tepat untuk Anda di Synergy CST, One Stop Conservative Scoliosis Treatment di Bandung.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *